New Update
Memuat Data...

Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Posted by Ganesha Flora On 22.12.00 | No comments
Sirih Gading (Epipremnum aureum)

Sirih gading (Epipremnum aureum) adalah tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam orang sebagai penghias pekarangan atau ruangan. Tumbuhan anggota suku talas-talasan (Araceae) ini mudah dikenal dari warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat, merambat di batang pohon dengan daun yang besar sehingga menutupi batang pohon yang dirambatnya. Apabila ditanam di dalam pot, daunnya mengecil. Potongan cabangnya dapat bertahan hidup cukup lama apabila bagian pangkalnya dicelupkan ke air.

Sirih gading dikenal memiliki nama ilmiah yang berbeda-beda akibat sulitnya ia diidentifikasi karena banyak jenis lain yang bermiripan. Saat ini ia dimasukkan dalam marga Epipremnum, setelah sebelumnya dianggap sebagai anggota marga Scindapsus (S. aureus) dan pernah pula dianggap sebagai anggota marga Raphidophora (sebagai R. pinnata).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Alismatales
Famili: Araceae
Genus: Epipremnum
Spesies: E. aureum

Nama binomial
Epipremnum aureum

Sirih gading bisa hidup dengan baik dengan media tanam air, banyak digunakan sebagai hiasan atau dekorasi ruangan, dengan cara memotong batang sirih gading, dan nanti akan tumbuh akar.

Di Indonesia kecuali di daerah perkotaan, tanaman sirih gading tidak terlalu populer, padahal di beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia, sirih gading banyak peminatnya. Di toko-toko nurseri, keberadaannya selalu dicari karena selain mudah di tanam, ada mitos yang mengatakan bahwa tanaman sirih gading adalah tanaman pemancing rezeki.

Yang menarik dari tanaman ini adalah semburat yang ada pada daunnya. Daunnya berbentuk hati dan biasanya biasanya berwarna hijau dengan semburat kuning putih agak keperakan, atau hijau muda terang. Tanaman ini bisa hidup dengan baik dalam media tanam tanah ataupun air. Jika ditanam di tanah, daunnya akan tumbuh besar hingga menutupi batangnya, namun jika ditanam dalam pot, maka besar daun akan menyusut.

Tanaman ini memiliki batang yang lemah, karena itu tumbuhnya menjalar, merabat di tumbuhan inang, dan atau menggantung lemas jika diletakkan dalam pot gantung.  Tanaman ini banyak digunakan di teras atau halaman rumah sebagai tanaman pelindung dari sinar matahari, namun perlu diperhatikan, tanaman ini sensitif terhadap sinar matahari. Intensitas cahaya yang terlalu tinggi dapat membuat daunnya terbakar.

Update by : Ganesha Flora

Anda telah membaca Artikel Sirih Gading (Epipremnum aureum).

Untuk informasi tanaman, alat ataupun media tanam yang tersedia di Ganesha Flora Bali, silahkan kunjungi Halaman Gallery, Klik Disini!.. atau hubungi Contact Person yang tercantum dalam website.
GANESHA FLORA BALI
Alamat: Br. Puring, Desa Sangketan, Penebel, Tabanan, Bali.
Contact Person: IPutu Budiarsa (Owner)
HP. 0813-3891-4348 | 0812-4657-8379
Facebook: klik disini...
BBM: by request

Semoga informasi dan layanan Ganesha Flora Bali bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda... Dan Jangan lupa kunjungi website/ toko kami yang lain:
dCintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
GCyberMedia Bali | Jasa Website & Pemasaran
BaliTrip Organizer | Info Wisata Bali

0 komentar:

Posting Komentar

Ganesha Flora

  • Br. Puring, Ds. Sangketan, Penebel, Tabanan (Sebelah Timur Pr. Tamba Waras)

  • CP: IPutu Budiarsa
    CS1: 0813-3891-4348
    CS2: 0812-4657-8379
    Email: ganeshaflorabali@gmail.com

    Kirim Pesan

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Statistik

    Flag Counter