New Update
Memuat Data...

Bunga Iris (Neomarica longifolia)

Posted by Ganesha Flora On 21.47.00 | No comments
Bunga Iris (Neomarica longifolia)

Bunga Iris (Neomarica longifolia) adalah salah satu tanaman herba yang berkasiat untuk hepatitis, gusi bengkak, mual, sembelit, rematik, dll.

Klasifikasi.
Nama lokal: Iris
Nama ilmiah: Neomarica longifolia
Taksonomi (Steven, 2012):
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (berbiji)
Divisi: Magnoliophyta (berbunga)
Kelas: Liliopsida (monokotil)
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Iridaceae
Genus: Neomarica
Spesies: Neomarica longifolia

Bunga Iris (Neomarica longifolia)
Sebagai tanaman semak yang berumpun, tanaman ini baik digunakan sebagai border pada tempat yang mendapat cahaya matahari. Sering juga dipakai sebagai pengisi bak tanaman atau bidang di bawah jendela kamar. Secara alami, daun tanaman ini tumbuh menjuntai membentuk rangkaian yang mampu menutupi dinding dan permukaan tanah. Tangkai bunga muncul di antara daun-daunnya.

Bunga iris banyak dibudidayakan di berbagai belahan bumi di seluruh dunia. Bunga ini termasuk bunga “perennial” yang artinya salah satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun. Salah satu keistimewaan bunga Iris adalah bisa tumbuh di darat maupun di air. Bentuk bunga Iris cukup unik dengan warna yang bervariasi seperti warna biru, putih, biru keunguan, pink, ungu kecoklatan, kuning dan orange. Bahkan ada yang berwarna hitam, tapi tak ada yang benar-benar berwarna merah asli.

Iris berkembang biak dengan akar rimpang (rhizome) atau biji. Pada akhir musim panas, iris bisa dibongkar, dipisahkan rhizomanya dan ditanam kembali. Jika melalui biji, bijinya harus diletakkan di dalam botol berisi pasir yang kemudian diletakkan di dalam freezer selama enam bulan, dikeluarkan dan kemudian ditanam dalam pasir sampai tumbuh anakan iris. Setelah anakan agak besar baru dipindahkan ke halaman.

Bunga iris dikenal juga sebagai bunga kado ulang tahun untuk orang yang lahir di Bulan Februari. Bunga iris ini melambangkan kebijaksanaan, persahabatan, gairah, keberanian dan pujian. Bunga iris biru dapat menunjukkan royalitas, sedangkan bunga iris kuning menjadi simbol gairah cinta. Bunga iris dijual dengan harga bervariasi tergantung penggunaannya.

Khasiat Tanaman Iris.
Bunga Iris tak hanya sedap dipandang, bunga hias inipun memiliki potensi sebagai tanaman obat alami.

Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bunga Iris antara lain iridin, tanin, resin, amilum, asam miristat, dan iron. Tak heran, bunga Iris pun memiliki efek farmakologis seperti memiliki rasa yang pahit pedas, netral, sedikit beracun, dan sangat berkhasiat sebagai antiradang (antiinflamasi), peluruh kencing (diuretik), menghilangkan pembekuan darah, dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Adapun cara aplikasi bunga Iris sebagai obat herbal ini sebagai berikut :

1. Untuk mengobati penyakit bisul, radang kulit bernanah, digigit ular atau serangga.
Cara penggunaannya dengan menyiapkan akar rimpang Iris yang dicuci dan dihaluskan sampai seperti bubur lalu ditempelkan pada bagian kulit yang sakit.

2. Untuk mengobati sembelit
Cara penggunaannya dengan menyiapkan akar rimpang Iris secukupnya yang dicuci dan digiling hingga halus lalu ditempelkan pada perut terutama pada bagian pusar.

3. Untuk mengobati penyakit  sakit atau radang tenggorokan
Siapkan akar rimpang Iris secukupnya, laludiblender dengan ditambahkan air secukupnya. Kemudian airnya dipakai untuk kumur-kumur.

4. Untuk mengobati gusi bengkak
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan diblender, ditambah dengan sedikit air lalu ditempelkan pada gusi yang sakit.

5. Untuk mengobati radang tenggorokan
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering atau 15-30 gram herba Iris dan 70 gram Lidah Buaya yang telah dikupas kulitnya, kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah agak dingin disaring lalu airnya diminum.

6. Untuk mengobati penyakit gangguan pencernaan
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3 gram akar rimpang  kering Iris yang dicuci bersih dan dihaluskan lalu direbus dengan 200 cc air sampai airnya mendidih, setelah dingin diminum.

7. Untuk mengobati penyakit mual dan perut kembung
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3 gram akar Iris kering yang dicuci bersih dan  digiling lalu diseduh dengan 200 cc air mendidih, setelah  agak dingin diminum. Atau siapkan  3-9 gram akar Iris kering yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, setelah agak dingin disaring lalu airnya diminum. Atau siapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering dan 10 gram Akar Jail yang dicuci bersih dan digiling halus lalu diseduh dengan air mendidih, setelah agak dingin airnya diminum.

8. Untuk mengobati penyakit hepatitis
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 6 gram akar rimpang Iris kering atau 15-30 gram herba dan 20 gram temulawak yang dicuci bersih dan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring lalu airnya diminum selagi hangat.

9. Untuk mengobati penyakit pembengkakan ginjal
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, hangat-hangat disaring lalu airnya diminum.

10. Untuk mengobati luka terpukul
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 10 gram akar rimpang Iris yang dicuci bersih dan dihaluskan atau dijus, kemudian tambahkan 200 cc air masak, diperas dan disaring lalu diminum.

11. Untuk mengobati keseleo dan luka bakar
Cara penggunaannya dengan menyiapkan 3-9 gram akar rimpang Iris kering yang dicuci bersih dan  digiling hingga halus, kemudian diseduh dengan air mendidih dan diminum secara teratur.

Update by : Ganesha Flora

Anda telah membaca Artikel Bunga Iris (Neomarica longifolia).

Untuk informasi tanaman, alat ataupun media tanam yang tersedia di Ganesha Flora Bali, silahkan kunjungi Halaman Gallery, Klik Disini!.. atau hubungi Contact Person yang tercantum dalam website.
GANESHA FLORA BALI
Alamat: Br. Puring, Desa Sangketan, Penebel, Tabanan, Bali.
Contact Person: IPutu Budiarsa (Owner)
HP. 0813-3891-4348
Facebook: klik disini...
BBM: by request

Semoga informasi dan layanan Ganesha Flora Bali bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda...

0 komentar:

Posting Komentar

Ganesha Flora Bali

  • Br. Puring, Ds. Sangketan, Penebel, Tabanan
  • Jl. Pulau Nias VI No.20, Tabanan

  • CP: IPutu Budiarsa
    HP: 0813-3891-4348
    Email: ganeshaflorabali@gmail.com

    Kirim Pesan

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Statistik

    Flag Counter