New Update
Memuat Data...

Tanaman Puring (Codiaeum variegatum)

Posted by Ganesha Flora On 23.08.00 | No comments
Puring (Codiaeum variegatum)

Puring (Codiaeum variegatum), puding, atau kroton adalah tanaman hias pekarangan populer berbentuk perdu dengan bentuk dan warna daun yang sangat bervariasi. Beragam kultivar telah dikembangkan dengan variasi warna dari hijau, kuning, jingga, merah, ungu, serta campurannya. Bentuk daun pun bermacam-macam: memanjang, oval, tepi bergelombang, helainya "terputus-putus", dan sebagainya.

Tanaman daun puring merupakan salah satu jenis tanaman hias yang digemari karena selain tampilannya cantik, tanaman ini juga mudah untuk dirawat dan dibudidayakan. Selain itu harganya yang jauh lebih murah dibanding tanaman hias lain, membuat semua orang bisa menanamnya.

Secara botani, puring adalah kerabat jauh singkong serta kastuba. Ciri yang sama adalah batangnya menghasilkan lateks berwarna putih pekat dan lengket, yang merupakan ciri khas suku Euphorbiaceae.

Puring berasal dari Kepulauan Nusantara namun kini telah tersebar di seluruh daerah tropika dan subtropika, serta menjadi salah satu simbol turisme.

Berikut ini katalog beberapa jenis puring.

Puring Afrika Puring Air Mancur Bulu Jago Puring Amazing Green Puring Amerika Puring Anaconda Puring Anggun Ayu Puring Anggur Puring Anting Raja Puring Anting Puring Apel Bangkok Kuning Puring Apel Buterfly Puring Apel Hijau Puring Apel Kuning Telur Puring Apel Listrik Puring Apel Logam Puring Apel Mangkok Merah Puring Apel Mars Tiger Puring Apel Mars Puring Apel Sendok Mangkok Puring Apel Washington Puring Apel Malang Puring Api Puring Apel Super Red Puring Arjuna Puring Asmara Jingga Puring Asmara Puring Bali Puring Banglore Puring Batik Wonosobo Puring Belut Sphageti Puring Black Puring Black Camerun Puring Bor Emas Puring Bor Inul Puring Buaya Puring Bulan Puring Bulu Ayam Puring Cabe Puring Cakue Puring Camar Puring Centong Puring Cleopatra Puring Cobra Kuning Puring Cobra Merah Puring Cobra Puring Columbiana Puring Concord Brazil Puring Concord Merah Puring Dasi Jojon Puring Dasi Jojon Pink Puring Dasi Jojon Puring Dasi Puring Day Light Puring Dian Puring Dragon Red Puring Dragon Puring Durinda Puring Emas Puring Emping Puring Garuda Puring Gelatik Puring Gladiator Puring Golden Arwana Roro Wilis Puring Golden Concord Puring Golden Jet Puring Gothic Puring Grace Pink Puring Puring Indigo Puring Jari Puring Jempol Puring Jengkol Puring Jet Amerika Puring Jet Bali Puring Jet Mini Puring Jet Orange Puring Jet Puring Kelabang Merah Puring Kenari Puring Kerang Puring Keris Puring Kerupuk Puring Ketapang Puring Kirana Kerupuk Puring Kol Puring Kuku Bima Puring Kura Puring Kura Puring Karmizi Puring Lele Puring Lele Dumbo Puring Lidah Api Puring Lipstik Puring Logam Puring Long Life Puring Madu Puring Magenta Puring Marcos Red Polkadot Puring Maskoki Puring Monalisa Puring Mutiara Puring Naomi Puring Oscar Batik Puring Oscar Madu Puring Oscar Puring Pagoda Puring Panca Warna Puring Paradise Puring Pedang Puring Pedang Afrika Puring Pengkol Bawe Puring Penyu Puring Pink Diamond Puring Pink Kelabang Puring Pink Meridian Puring Polkadot Red Puring Polkadot Puring Proton Red Puring Proton Puring Grace Pink Puring Grace Pink Super Puring Indigo Dragon Puring Jet Matahari Puring Oscar Ruby Puring Pinishi Puring Red Proton Puring Seribu Bintang Puring Super Petra Puring Titanic Puring Raja Ruby Papua Puring Raja Puring Ruby Red Puring Sakura Puring Sandy More Puring Sendok Kecil Puring Sendok Mas Puring Speci Fishbone Puring Srilanka Puring Susu Puring Sweet Love Puring Taman Puring Tanduk Kerbau Puring Tanduk Puring Apel Kuning Telur Puring Terang Bulan Puring Terang Bulan Puring Teri Merah Puring Teri Puring Tisue Puring Tokek Puring Three Color Puring Vinola Puring Walet Puring Worten Puring Yellow Queen Puring Yellow River

Tanaman dengan nama Latin Codiaeum variegatum ini memiliki warna daun yang indah. Dengan warna merah bercampur kuning dan hijau membuatnya nampak eksotis. Usaha budidaya daun puring juga terbilang cukup menjanjikan karena tanaman ini sangat mudah dijual atau sangat laku di pasaran.

Selain itu prosesnya yang tidak rumit dan tidak memerlukan biaya yang banyak membuat daya tarik sendiri bagi para pembudidaya. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin melakukan budidaya tanaman daun puring.

Media Tanam
Sama seperti jenis tanaman yang lain, daun puring juga memerlukan media tanam untuk bisa hidup. Media tanam daun puring bisa berupa campuran dari pasir, humus, sekam, dan pupuk kandang. Media tanam tersebut bisa dimasukkan ke dalam pot untuk menanam daun puring sehingga terlihat lebih cantik.

Daun puring juga memerlukan asupan air yang cukup setelah ditanam. Jadi usahakan untuk melakukan penyiraman ke tanaman secara cukup dan rutin. Penyiraman bisa dilakukan selama 3 kali dalam sehari untuk menjaga tanah agar tetap lembab. Namun pada saat musim penghujan bisa dikurangi intensitas penyiraman.

Budidaya
Untuk membudidayakan atau memperbanyak tanaman daun puring bisa dilakukan dengan dua cara, yakni cara vegetatif dan generatif. Memperbanyak tumbuhan daun puring bisa dengan menggunakan bijinya. Namun cara tersebut terbilang tidak terlalu efektif karena membutuhkan waktu cukup lama, dan hasil yang didapatkan tidak selalu sama dengan induknya.

Sedangkan cara kedua bisa dilakukan dengan stek. Cara ini adalah cara yang banyak dilakukan oleh para pembudidaya karena selain cepat juga bisa menduplikasi jenis dari induk yang distek. Untuk melakukan budidaya tanaman puring dengan stek tergologi cukup mudah. Pertama-tama harus menyiapkan peralatan yang terdiri dari gunting, pisau, tali plasti, dan penutup plastik.

Caranya adalah pilih batang yang hendak distek. Pilih batang yang sudah berusia lumayan tua. Potong dengan pisau tajam dan rendam pada cairan untuk penumbuh selama 15 menit. Olesi bekas potongan pada indukan dengan fungisida untuk menghindari infeksi.

Selanjutnya letakkan potongan tadi pada media tanam dan tutup dengan plastik untuk mengurangi penguapan. Letakkan tanaman yang sudah siap di tempat yang teduh agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Untuk mempercantik tanaman daun puring sehingga terlihat lebih cerah dan mencolok adalah dengan memperhatikan media tanam yang digunakan sampai dengan intensitas sinar matahari. Untuk mendapatkan warna daun puring yang sempurna bisa tempatkan tanaman di tempat yang memiliki suhu 28 sampai 30 derajat celcius.

Update by : Ganesha Flora

Anda telah membaca Artikel Tanaman Puring (Codiaeum variegatum).

Untuk informasi tanaman, alat ataupun media tanam yang tersedia di Ganesha Flora Bali, silahkan kunjungi Halaman Gallery, Klik Disini!.. atau hubungi Contact Person yang tercantum dalam website.
GANESHA FLORA BALI
Alamat: Br. Puring, Desa Sangketan, Penebel, Tabanan, Bali.
Contact Person: IPutu Budiarsa (Owner)
HP. 0813-3891-4348 | 0812-4657-8379
Facebook: klik disini...
BBM: by request

Semoga informasi dan layanan Ganesha Flora Bali bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda... Dan Jangan lupa kunjungi website/ toko kami yang lain:
dCintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
GCyberMedia Bali | Jasa Website & Pemasaran
BaliTrip Organizer | Info Wisata Bali

0 komentar:

Posting Komentar

Ganesha Flora

  • Br. Puring, Ds. Sangketan, Penebel, Tabanan (Sebelah Timur Pr. Tamba Waras)

  • CP: IPutu Budiarsa
    CS1: 0813-3891-4348
    CS2: 0812-4657-8379
    Email: ganeshaflorabali@gmail.com

    Kirim Pesan

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Statistik

    Flag Counter