PALEM EKOR TUPAI (Wodyetia Bifurcata) - GANESHA FLORA

Jual aneka tanaman hias, tanaman herbal, pohon peneduh, pupuk, alat dan media tanam, serta melayani sewa tanaman murah.

PALEM EKOR TUPAI (Wodyetia Bifurcata)

Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata)

Wodyetia bifurcata adalah jenis palem (Arecaceae) langka asal Semenanjung York, Queensland, yang sekarang sangat populer sebagai tanaman hias peneduh. Di Indonesia ia dikenal dengan nama palem ekor tupai, sedangkan nama umum dalam bahasa Inggris adalah foxtail palm atau “palem ekor rubah“.

Dari penampilan fisik, palem ini sama anggunnya dengan palem raja, sehingga sering ditanam sebagai pembatas jalan. Daunnya dapat mencapai 3 m (termasuk pelepah), dengan anak daun sempit dan tumbuh mengitari ibu tangkai daun, sehingga seperti “ekor tupai”. Tinggi tanaman dapat mencapai 10 m, dengan batang kelabu, beruas-ruas. Tanaman ini menghasilkan bunga jantan dan betina pada tangkai yang terpisah. Buahnya relatif besar, diameter sampai 4 cm, buah berkumpul pada salah satu pokok, berwarna hijau ketika mengkal dan berubah menjadi jingga kemerahan ketika ranum.

Palem ini satu-satunya jenis yang tergabung dalam marga Wodyetia. Palem endemik dari Queensland bagian utara ini tidak dikenal dunia sampai 1978, ketika seorang Aborigin Australia membawanya kepada seorang botaniwan. Sejak itu, palem ini mulai tersebar ke berbagai penjuru tropika dunia. Orang Aborigin yang membawa tanaman ini konon bernama Wodyeti, sehingga kemudian nama ini diabadikan sebagai nama marga (genus).

Tempat asal palem ini merupakan daerah yang sangat terbatas, yaitu di bagian tebing terbuka berpasir di kawasan Tanjung Melville, yang menjadi bagian dari Taman Nasional Tanjung Melville.

Kawasan tersebut memang dikenal sebagai hotspot keanekaragaman hayati, dan menjadi tempat tinggal salah satu puak pribumi Australia.

Hewan-hewan khas yang menghuni kawasan ini antara lain wallaby Petrogale godmani, cicak berekor cincin Cyrtodactylus louisiadensis, serta beberapa reptilia dan amfibia endemik, seperti Cryptoblepharus fuhni, katak pohon Litoria andiirrmalin, dan katak gunung Cophixalus zweifeli.

Biji Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata) Bibit Palem Ekor Tupai (Wodyetia bifurcata)

Bagi Anda yang berminat menanam pohon ini, Ganesha Flora Bali menyediakan Biji siap semai dan bibit.

Posted by : GANESHA FLORA BALI ~ Jual - Sewa Tanaman Hias.

Semoga Artikel "PALEM EKOR TUPAI (Wodyetia Bifurcata)" ini bermanfaat. Kritik dan saran silahkan sampaikan di kolom komentar..

Untuk informasi stok, harga dan pemesanan produk/ jasa, silahkan hubungi WA Support/ Kontak yang tersedia.

Terima kasih atas kunjungan anda!!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog