Akalipa (Acalipha Wilkesiana) - Ganesha Flora Bali

Jual Aneka Tanaman Hias Daun, Bunga, Buah, Pohon Peneduh, Pupuk, Alat Pertamanan, Media Tanam. Menyediakan Jasa Sewa Tanaman Murah dan Menjual Produk Herbal Alami Asli Bali

Akalipa (Acalipha Wilkesiana)

Akalipa (Acalipha Wilkesiana)

Akalipa (Acalipha Wilkesiana) atau ekor kucing adalah jenis tanaman hias yang termasuk dalam kelompok semak berkayu. Tanaman ini mempunyai ciri ciri pertumbuhan yang cepat. Tanaman hias ini tidak cocok kalau diletakkan didalam ruangan. Tanaman ini tumbuh dengan baik pada kelembaban tinggi.

Tumbuhan Acalypha Wikesiana Muell atau Akalifa berjenis perdu, dan mempunyai tinggi yaitu kurang lebih 5 meter. Berbatang tegak, berkayu, memiliki percabangan simpodial dan berwarna coklat. Berdaun tunggal dan teksture berbintik-bintik.. Mempunyai ukuran panjang 4-17cm dan lebar 2-12cm dan berwarna ungu. Akalifa memiliki bunga majemuk, berbentuk bulir, berkelamin dua, putik bertangkai, dan berwarna ungu. Buah akalifa itu berbentuk kotak, beruang tiga, berambut dan berwarna merah. Berakar tunggang dan berwarna coklat.

Kandungan kimia yang terkandung dalam Akalifa adalah saponin. Disamping itu daun dan bunganya  juga mengandung flavonoida dan tanin. Dan juga batangnya mengandung polifenol.

Akalifa atau Acalypha Wikesiana Muell berkhasiat sebagai obat penghilang noda-noda flek hitam pada kulit. Sama seperti tumbuhan lainnya. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah pada bagian daunnya.

Untuk membuat obat penghilang noda-noda flek hitam, yang kita butuhkan adalah daunnya.. Ambil daun yang segar sebanyak kurang lebih 10 gram. Kemudian daun akalifa dicuci hingga bersih. Tambah kapur dan gambir sedikit. Lalu dilumatkan atau ditumbuk hingga lembut. Kemudian dioleskan pada bagian kulit yang terdapat noda flek hitam.

Tanaman ini dapat diperbanyak dengan stek, biasanya ditanam untuk menghiasi pekarangan ataupun sebagai pagar. Akalifata suka dengan cahaya ringan namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung.

Kondisi udara yang kering akan mengakibatkan daun rontok dan timbulnya serangan tungau merah. Agar tanaman hias ini tetap dalam kondisi vigor perlu dilakukan pemangkasan yang teratur setiap tahun, pemangkasan dapat dilakukan sampai dengan  ½ ukuran. Bunga Akalipa yang mati dan bunga yang muncul pertama akan lebih baik jika dibuang.

Posted by : GANESHA FLORA BALI ~ Jual - Sewa Tanaman Hias | Suplier Produk Herbal Alami Asli Bali.

Semoga Artikel "Akalipa (Acalipha Wilkesiana)" ini bermanfaat. Kritik dan saran dapat disampaikan via kotak komentar..

Untuk informasi stok, harga dan pemesanan produk ataupun jasa, silahkan hubungi kami via Kontak.

Terima kasih atas kunjungan anda!!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog